Powered By Blogger

Rabu, 23 Maret 2011

Tips Cara Membuat System Repair Disc Windows 7 dengan Flashdisk


    Bagaimana jika komputer atau laptop Anda tidak memiliki DVD/CD Drive? Tentu CD repair tersebut tidak bisa membantu Anda sama sekali. Nah, pada artikel komputer kali ini, saya akan menjelaskan cara membuat system repair disc Windows 7 dengan Flashdisk. Tepatnya cara memindahkan CD Repair (Reparasi) Windows ke sebuah flashdisk. Jadi Anda yang tidak mempunyai CD/DVD drive masih bisa memperbaiki kerusakan Windows Anda dengan system repair disc dengan media flashdisk.
Untuk membuat System Repair Disc Windows 7 dengan flashdisk, sebelumnya Anda mesti membuat CD Repair (System Repair Disc dengan media CD/DVD) terlebih dahulu. Cara membuatnya bisa Anda baca di artikel Cara Membuat CD Repair (System Repair Disc) Windows 7.
Namun, seperti yang saya katakan diatas, jika komputer Anda tidak memiliki CD/DVD drive, Anda bisa mendownload file image (.iso) dari System Repair Disc Windows 7 di website Neosmart. Alternatif lain, Anda meminjam komputer teman yang menggunakan Windows 7 untuk membuat CD Repair Windows 7.
Jika Anda sudah memiliki CD Repair Windows 7 ataupun file image (.iso) System Repair Disc Windows 7, kini saatnya Anda membuat flashdisk sebagai system repair disc Windows 7. Ada 2 tahap yang harus Anda lakukan agar flashdisk Anda bisa digunakan sebagai system repair disc Windows, yaitu membuat flashdisk bootable dengan CMD dan mengcopy isi CD Repair atau file image (.iso) yang telah Anda download di Neosmart.com.
Membuat Flashdisk Bootable
Sebelum mengcopy keseluruhan isi CD Repair Windows 7, Anda mesti membuat flashdisk bootable atau bisa digunakan untuk mem-booting komputer. Untuk itu ikuti langkah-langkah berikut:

1.   Tancapkan USB flasdisk yang akan anda gunakan sebagai system repair disk ke komputer.pastikan flasdisk tersebut tidak terdapat data penting karena flasdisk akan di format. .

2.     Buka command promt (CMD) dengan mengeklik "strat - run - ketik CMD tanpa tanda kutip.

3.    Pada cendela CMD ketik " DISKPART" tekan enter maka akan muncul seperti gambar dibawah ini.

 

4.   Setelah itu, ketik " LIST DISK" tekan enter, erintah ini akan menampilkan daftar disk yang ada di komputer, kenali dimana flasdisk anda dan ingat berapa nomor disk anda ...? kalau pada komputer saya, pada disk 2.


 5.   Setelah itu ketik perintah select disk 2, lalu tekan enter.

6.     Berikutnya ketik perintah yang ada dibawah ini, dan tekan enter setiap anda selesai mengetik masing-masing perintah.
CLEAN
CREATE PARTITION PRIMARY
SELECT PARTITION 1
ACTIVE

7.    Selanjutnya, ketik perintah FORMAT NT=NTFS lalu tekan enter, perintah ini akan memformat disk dalam bentuk NTFS. tunggu hingga (100 percent complete)


8.      Setelah selesai memformat maka ketik perintah ASSIGN teken enter, setelah itu ketik EXIT untuk keluar dari DISKPART.

  •  untuk lebih jelas lihat vidio ini :

     

     



Tidak ada komentar:

Posting Komentar